Oyok

Mansur Sobari alias Oyok 45 tahun Adik Pak Subandi anak ke-3

Kalau anda berkunjung ke Masjid Nurul Iman Laladon Permai, anda akan menjumpai sosok yang menurut saya sangat unik. Unik karena dia selalu memakai serban. Tidak seperti serban yang dipakai oleh orang-orang Arab yang berwarna putih, serban yang dipakainya dari kain batik. Kali ini dominan berwarna coklat. Pernah saya tanya, kenapa pakai serban, dia bilang suka aja. Keunikan lainnya adalah cara memakai sarungnya yang selalu di atas betis.

Ya, dialah Oyok. Begitu orang-orang memanggilnya. Nama aslinya Mansur Sobari. Pria yang lahir 45 tahun yang lalu ini belum menikah. Sebelum pindah ke Bogor, anak ke-3 dari empat bersaudara ini tinggal di Jakarta.

Oyok gampang ditemui di teras Masjid Nurul Iman. Kadang-kadang orang-orang memintanya membersihkan tanaman dan menebang pohon. Kadang juga ada yang memintanya mengantarkan orang pakai sepeda motor.

Kesukaannya bermain dengan anak-anak, membuatnya terkenal di kalangan anak-anak. Anak saya yang masih dua tahun pun sudah kenal Oyok.

Kesukaan lainnya adalah mengumandangkan adzan. Saking sukanya, pernah di suatu masa, Oyok sering adzan sebelum masjid-masjid lain mengumandangkan adzan. Ya beda sekitar empat menit. Waktu iqamatnya juga terlalu dekat dengan saat adzan. Sehingga kadang ketika imam takbiratul ihram, adzan dari masjid-masjid lain baru terdengar.  Akhirnya DKM memasang jam penentu kapan adzan dan kapan iqamah. Sejak itu, setahu saya, Oyok sudah tidak lagi mengumandangkan adzan sebelum waktunya.

Oyok juga suka memanggil-manggil peserta pengajian agar segera datang ke masjid via speaker masjid. Setiap Kamis sore suara Oyok hampir selalu terdengar. Biasanya Oyok memanggilnya pakai lagu dengan lirik “Ibu-ibu sekalian.. Hari ini pengajian.. Jangan sampai dilupakan.. Karna ini kewajiban….” [Umar Abdullah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s